FLOW PROSES E-COMMERCE & CRM

 E-COMMERCE DAN CRM

E-commerce adalah suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya secara elektronik dengan bantuan komputer sebagai perantara transaksinya. 

Jenis-jenis E-Commerce :
1. Business-to-Consumers (B2C)
2. Consumer-to-Consumer (C2C)
3. Consumer-to-Business (C2B)
4. Online-to-Offline (O2O)
5. Consumer-to-Administration (C2A)
6. Business-to-Public Administration (B2PA)

Contoh E-Commerce adalah :

Contoh E-commerce B2B

  • Importir spare part mobil kepada bengkel 
  • Importir spare part mesin kepada industri tekstil dan garmen
  • Penjualan web hosting kepada web agency

Contoh E-commerce B2C

  • Jasa laundry pakaian
  • Penjualan makanan
  • Bisnis salon atau barbershop

Contoh E-commerce C2C

  • Bukalapak
  • Kaskus
  • OLX

Contoh E-commerce C2B

  • Google Adsense
  • iStock Photo

Contoh E-commerce O2O

  • Gojek
  • Grab
  • Matahari Online

Contoh E-commerce C2A

  • BPJS Kesehatan online
  • Layanan pajak online
  • Pembayaran Listrik online

Contoh E-commerce 

  • BPJS Ketenagakerjaan online
  • Layanan NPWP online
Manfaat E-Commerce:
1. Efisien Waktu dan Tenaga
2. Tidak Perlu Modal dalam Jumlah Besar
3. Menjadi Bisnis Lintas Wilayah
4. Bisnis yang Fleksibel
5. Memudahkan Pengembangan Bisnis

FLOWCHART PROSES E-COMMERCE

CRM

Pengertian CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang menggabungkan proses manusia dengan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonversinya menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.

Untuk dapat mempertahankan konsumen yang sudah loyal, tentunya masing perusahaan memliki strategi pemasaran tersendiri yang mana membutuhkan marketing communication dari sisi bahasa pemasarannya. Untuk tetap bertahan dan berkembang dalam Bisnis selain meluncurkan produk-produk baru, lebih memperhatikan produk pesaing, menjual produk lebih banyak dari pesaing, perusahaan juga harus melakukan strategi manajemen hubungan dengan konsumen. CRM penting dilakukan oleh perusahaan dewasa ini, karena berkurangnya loyalitas konsumen terhadap suatu produk dibanding masa lalu.

FLOWCHART PROSES CRM


Link Google Drive(draw.io) : https://drive.google.com/drive/folders/1rqNAj_CtE2xI9KB32LIvymFT07ALaPTP?usp=sharing



Comments

Popular posts from this blog

MENGETAHUI FITUR ERP/ODOO PER MODUL DAN KELEMAHAN JIKA TIDAK MENGGUNAKAN ERP SERTA KEKURANGAN DARI APLIKASI KOMPUTER NON ERP.

FLOW PROSES MANUFACTURING/PRODUKSI PADA PERUSAHAAN FURNITUR