FLOW PROSES E-COMMERCE & CRM
E-COMMERCE DAN CRM
Contoh E-commerce B2B
- Importir spare part mobil kepada bengkel
- Importir spare part mesin kepada industri tekstil dan garmen
- Penjualan web hosting kepada web agency
Contoh E-commerce B2C
- Jasa laundry pakaian
- Penjualan makanan
- Bisnis salon atau barbershop
Contoh E-commerce C2C
- Bukalapak
- Kaskus
- OLX
Contoh E-commerce C2B
- Google Adsense
- iStock Photo
Contoh E-commerce O2O
- Gojek
- Grab
- Matahari Online
Contoh E-commerce C2A
- BPJS Kesehatan online
- Layanan pajak online
- Pembayaran Listrik online
Contoh E-commerce
- BPJS Ketenagakerjaan online
- Layanan NPWP online
Pengertian CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang menggabungkan proses manusia dengan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonversinya menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.
Untuk dapat mempertahankan konsumen yang sudah loyal, tentunya masing perusahaan memliki strategi pemasaran tersendiri yang mana membutuhkan marketing communication dari sisi bahasa pemasarannya. Untuk tetap bertahan dan berkembang dalam Bisnis selain meluncurkan produk-produk baru, lebih memperhatikan produk pesaing, menjual produk lebih banyak dari pesaing, perusahaan juga harus melakukan strategi manajemen hubungan dengan konsumen. CRM penting dilakukan oleh perusahaan dewasa ini, karena berkurangnya loyalitas konsumen terhadap suatu produk dibanding masa lalu.
FLOWCHART PROSES CRM
Comments
Post a Comment