HOW A BUSINESS WORK?
TIGA PROSES BISNIS UTAMA
Order To Cash | Procure To Pay | Plan To Produce
Pada sharing kali ini saya akan berbagi informasi ke teman-teman yaitu tentang "Bagaimana Sebuah Bisnis Bekerja?". Nah pada pembahasan kali ini saya juga akan memberi tahu ke teman-teman bagaimana sih proses dalam berbinis itu? Dan faktor apa saja ya yang berperan penting dalam berbinis? Sebelumnya perlu kita ketahui terlebih dahulu "Apa itu Bisnis?"
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui produk barang dan jasa (create of good and service) untuk memperoleh keuntungan melalui transaksi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Bisnis merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan. Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Nah selain itu masih ada yang lebih penting untuk diketahui loh! Bagaimana ya sebuah Bisnis itu Bekerja?
Berikut adalah gambar dari skema sederhana proses bisnis. Melakukan sebuah bisnis/organisasi maka akan mempunyai customer/pelanggan. Contoh dari perusahaan bisnis tersebut seperti manufaktur atau jasa.
Proses Bisnis adalah aktivitas-aktivitas atau kumpulan kegiatan yang melibatkan input sehingga dalam perusahaan tersebut teman-teman dapat membuat skema.
Terdapat supplier atau pemasok yang dimana perusahaan mensuplai customer dengan produk atau jasa, jika supplier mensuplai dengan kebutuhan-kebutuhan material seperti bisa barang ½
jadi atau bahkan sudah jadi. Proses bisnis dimulai dari munculnya pesanan atau order dari pelanggan yang dimana pesanan atau order ini harus dipenuhi oleh perusahaan kepada pelanggan, maka customer akan melakukan pembayaran dari tagihan pembelian atau order sehingga perusahaan mendapatkan uang.
Sales Quotation merupakan penawaran yang berasal dari perusahaan untuk customer dengan arah aliran keluar. Order dari pelanggan ke perusahaan yaitu Sales Order, maka arah aliran masuk. Untuk akun Shipment yaitu pengiriman barang atau jasa dari perusahaan tertuju kepada pelanggan, dengan arah aliran keluar. Dengan adanya permintaan order dari pelanggan maka terdapat adanya tagihan pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan kepada customer. Pembayaran tagihan disebut juga sebagai Payment yaitu dari customer kepada perusahaan. Proses bisnis yang terdapat pada sisi kanan skema, merupakan proses bisnis yang melibatkan perusahaan dengan customer.
Proses Bisnis utama yang pertama disebut juga dengan "Order-To-Cash-Process" atau yang dimaksud dengan proses pesanan sampai pembayaran. Untuk perekaman Order To Cash akan memunculkan "master data" tentang customer, produk, dan harga. Order To Cash Process dapat terhubung satu sama lain yaitu melalui Inventory atau Persediaan. Jika di sisi kanan skema terdapat Sales Order maka pasangan yang disebelah kiri yaitu Purchase Order yaitu pembelian ke supplier. Pada penerimaan barang (Material Receipt) maka akan terdapat tagihan dari supplier yang dimana perusahaan diharuskan untuk membayar. Sebagaimana di sisi kanan terdapat Sales Quotation maka di sisi sebelah kiri terdapat juga Request for Quotation yaitu permintaan perushaan kepada supplier.
Proses bisnis utama yang kedua disebut juga dengan "Procure-To-Pay-Process" sebagaimana terjadi pada sisi sebalah kiri pada skema yaitu proses pengadaan atau pembelian sampai pembayaran. Untuk perekaman Procure To Pay akan memunculkan "master data" tentang data supplier, data material dan data harga. Didalam sistem tersebut data-data akan terpusat di satu database. Inventory merupakan penghubung antara satu dengan yang lainnya. Ketika perusahaan mengirimkan barang yang dipesan oleh customer, maka akan diambil dari Inventory maka akan ada barang yang keluar dari sisi sebelah kanan. Jika menerima barang dari supplier maka aliran arah nya masuk.
Dalam sistem ERP ada yang namanya "General Ledger atau Buku Besar". Akun yang terkait dengan pembayaran customer disebut dengan Accounts Receivable atau Piutang. Accounts Payable atau Hutang terdapat di sisi sebelah kiri pada skema.
Semua proses transaksi akan terekam dalam satu database utama yang terpusat. Terkait dengan barang dengan uang akan terkoneksi satu sama lain dan terintegrasi. Dari diagram skema tersebut dapat dipahami proses bisnis yang terjadi misalnya diperusahaan dagang. Untuk tipe perusahaan manufaktur dapat menambahkan Production Execution dan Production Order. Ketika produksi dilakukan maka butuh bahan atau barang maka aliran yang terjadi dari inventori ke produksi.
Dari perencanaan atau planning maka akan ada pengadaan. Proses Bisnis utama yang ketiga yaitu "Plan-To-Produce-Process" yaitu proses perencanaan sampai produksi.
Maka ada 3 proses bisnis utama yaitu :
- Order To Cash
- Procure To Pay
- Plan To Produce
Dalam pembuatan skema tersebut menggunakan sistem ERP. ERP merupakan sistem yang mengoptimalisasi atau mengintegrasikan proses bisnis, sehingga aliran dari informasi, aliran barang dan aliran uang dalam perusahaan atau organisasi dapat terkoneksi dengan baik.
Comments
Post a Comment